Minggu, 13 Oktober 2013

pidato



KERANGKA PIDATO

A.   PEMBUKAAN

Ø Salam pembuka
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Ø Ucapan puji syukur
Pertama-tama marilah kita mengucapkan puji syukur kepada Alllah swt.Atas rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul pada hari ini dengan keadaan sehat wal afiat tanpa ada halangan suatu apapun.
Ø Ucapan terima kasih
Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak kepala sekolah, Ibu dan Bapak guru maupun  teman-teman yang telah memenuhi undangan kami untuk berkumpul pada acara ini.Saya juga mengucapkan tarima kasih  kepada seluruh pihak yang mendukung  acara diskusi dengan tema “Adiwiyata di SMA 3 BOYOLALI”.
Ø Tujuan
Menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.
read more

B.   ISI PIDATO

Ø Sekolah adiwiyata adalah rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.
Ø Kegiatan utama diarahkan pada terwujudnya kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.
Ø Faktor – faktor yang dapat menunjang keberhasilan adiwiyata.
Ø Semua warga sekolah dilibatkan untuk menerapkan kebersihan tanpa terkecuali.
Ø Diadakannya Pendidikan Lingkungan Hidup.
C.    PENUTUP

Ø Harapan-harapan
Saya berharap kegiatan diskusi ini dapat dilaksanakan sebaik-baiknya bagi semua warga sekolah tanpa terkecuali.
Ø Ajakan
Melalui diskusi ini tadi,marilah kita ciptakan lingkungan SMA 3 Boyolali menjadi sekolah yang bersih dan sehat.Dimohon partisipasinya semua warga sekolah.
Ø Ucapan terima kasih
Demikian yang dapat saya sampaikan.Terima kasih atas perhatian hadirin sekalian.
Ø Permohonan maaf
Saya mohon maaf jika ada perkataan yang kurang berkenan di hati hadirin.
Ø Salam penutup
Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


















NASKAH PIDATO

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Yang terhormat Bapak Suwarno selaku kepala sekolah SMA 3 Boyolali,
Yang saya hormati Bapak dan Ibu guru  serta staff karyawan,
Dan teman-teman yang berbahagia.
Pertama-tama marilah kita mengucapkan puji syukur kepada Alllah swt.Atas rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul pada hari ini dengan keadaan sehat wal-afiat tanpa ada halangan suatu apapun.
Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak kepala sekolah, Ibu dan Bapak guru maupun  teman-teman yang telah memenuhi undangan kami untuk berkumpul pada acara ini.Saya juga mengucapkan tarima kasih  kepada seluruh pihak yang  mendukung  acara diskusi dengan tema “Adiwiyata di SMA 3 BOYOLALI”.
Pertemuan hari ini bertujuan agar kita Menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.
Sekolah adiwiyata adalah rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Sekolah adiwiyata  juga  seharusnya mempunyai lingkungan hidup dan melakukan pengelolaan lingkungan hidup di sekolah itu sendiri.
Kegiatan utama diarahkan pada terwujudnya kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Disamping pengembangan  lingkungan,kelestarian fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam juga harus diperhatikan keseimbangannya.
Faktor – faktor yang dapat menunjang keberhasilan adiwiyata diantaranya:
·        Pengembangan Kebijakan Sekolah yang diperlukan untuk mewujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan.
Hal ini berkaitan dengan   peningkatan pendidikan Sumber Daya Manusia, penghematan Sumber  Daya Alam,pola hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah.
·        Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan.
Hal ini biasanya dengan pengembangan metode belajar berbasis lingkungan dan budaya,pengembangan kegiatan kurikuler untuk peningkatan pengetahuan dan kesadaran siswa tentang lingkungan hidup.
·        Pengembangan Kegiatan Berbasis Parsitipatif.
Hal ini dengan cara menciptakan kegiatan ekstrakurikuler di bidang lingkungan hidup berbasis partisipatif di sekolah, mengikuti kegiatan aksi lingkungan hidup yang dilakukan oleh pihak luar,
·        Pengelolaan dan atau pengembangan Sarana Pendukung Sekolah.
Hal ini berkaitan dengan pengembangan fungsi sarana pendukung sekolah yang ada untuk pendidikan lingkungan hidup, Peningkatan kualitas pengelolaan lingkungan di dalam dan di luar kawasan sekolah,Penghematan sumber daya alam 
(listrik,dan air),Peningkatan kualitas pelayanan makanan sehat yang ada di kantin,pengembangan sistem pengelolaan sampah yang ada di sekolah,misalnya:memanfaatkan dedaunan yang menjadi sampah organik menjadikan daun tadi dibuat menjadi pupuk kompos kemudian dikemas dan dijual,dan dapat menghasilkan pendapatan sekolah.
Semua warga sekolah dilibatkan untuk menerapkan kebersihan tanpa terkecuali. Untuk siswanya sendiri dapat ikut berpartisispasi dalam hal ini dengan melakukan hal-hal kecil tapi mempunyai manfaat besar seperti menjaga kebersihan sekolah dan menjaga lingkungan hidup sekolah yang ada sekaligus turut bertnggung jawab dalam upaya-upaya menyelamatkan alam terutama SMA 3 Boyolali dan juga tepat dalam mebedakan sampah organik maupun an organik.
Selain itu,Pendidikan Lingkungan Hidup juga perlu diupayakan guru untuk mengajarkan kepada muridnya akan pentingna alam sekitar kita. Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) merupakan upaya untuk mengubah perilaku dan sikap yang dilakukan oleh berbagai pihak atau elemen masyarakat  yang bertujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran masyarakat tentang nilai-nilai lingkungan dan isu permasalahan lingkungan.
Pendidikan Lingkungan Hidup memiliki 5 tujuan:
·        Kesadaran  ini untuk membantu peserta didik memperoleh sebuah kesadaran dan kepekaan terhadap  lingkungan.
·        Pengetahuan  dimaksudkan membantu peserta didik untuk memperoleh sebuah pengertian mendasar tentang bagaimana fungsi lingkungan , bagaimana orang berinteraksi dengan lingkungan.
·        Sikap. ini untuk membantu peserta didik memperoleh seperangkat  nilai dan perasaan-perasaan kepedulaian, motivasi dan komitmen terhadap lingkungan.
·        Keterampilan membantu peserta didik memperoleh keterampilan yang diperlukan untuk mengidentifikasi dan menyelidiki permasalahan lingkungan.
·        Partisipasi dimaksudkan  untuk membantu peserta didik memperoleh pengalaman dalam menggunakan pengetahuan yang mereka peroleh dan keterampilan.

Saya berharap kegiatan diskusi ini dapat dilaksanakan sebaik-baiknya bagi semua warga sekolah tanpa terkecuali.Melalui diskusi ini tadi,marilah kita ciptakan lingkungan SMA 3 Boyolali menjadi sekolah yang bersih dan sehat.Dimohon partisipasinya bagi  semua warga sekolah.
Demikian yang dapat saya sampaikan.Terima kasih atas perhatian hadirin sekalian.Saya mohon maaf jika ada perkataan yang kurang berkenan di hati hadirin semuanya.
Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar