KERANGKA PIDATO
A.
PEMBUKAAN
Ø Salam pembuka
Assalamualaikum
warahmatullahi wabarakatuh.
Ø Ucapan puji syukur
Pertama-tama marilah kita
mengucapkan puji syukur kepada Alllah swt.Atas rahmat dan karunia-Nya kita
dapat berkumpul pada hari ini dengan keadaan sehat wal afiat tanpa ada halangan
suatu apapun.
Ø Ucapan terima kasih
Saya mengucapkan terima
kasih kepada Bapak kepala sekolah, Ibu dan Bapak guru maupun teman-teman yang telah memenuhi undangan kami
untuk berkumpul pada acara ini.Saya juga mengucapkan tarima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung acara diskusi dengan tema “Adiwiyata di SMA 3
BOYOLALI”.
Ø Tujuan
Menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk
menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian
hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya
penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.
read more
B.
ISI PIDATO
Ø Sekolah adiwiyata adalah rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan
kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.
Ø Kegiatan utama diarahkan pada terwujudnya kelembagaan sekolah yang peduli
dan berbudaya lingkungan.
Ø Faktor – faktor yang dapat menunjang
keberhasilan adiwiyata.
Ø Semua warga sekolah dilibatkan untuk menerapkan kebersihan tanpa
terkecuali.
Ø Diadakannya Pendidikan Lingkungan Hidup.
C.
PENUTUP
Ø Harapan-harapan
Saya berharap kegiatan diskusi ini dapat
dilaksanakan sebaik-baiknya bagi semua warga sekolah tanpa terkecuali.
Ø Ajakan
Melalui diskusi ini tadi,marilah kita ciptakan
lingkungan SMA 3 Boyolali menjadi sekolah yang bersih dan sehat.Dimohon
partisipasinya semua warga sekolah.
Ø Ucapan terima kasih
Demikian yang dapat saya sampaikan.Terima
kasih atas perhatian hadirin sekalian.
Ø Permohonan maaf
Saya mohon maaf jika ada perkataan yang kurang
berkenan di hati hadirin.
Ø Salam penutup
Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
NASKAH PIDATO
Assalamualaikum
warohmatullahi wabarokatuh.
Yang
terhormat Bapak Suwarno selaku kepala sekolah SMA 3 Boyolali,
Yang
saya hormati Bapak dan Ibu guru serta
staff karyawan,
Dan
teman-teman yang berbahagia.
Pertama-tama marilah kita mengucapkan puji syukur kepada
Alllah swt.Atas rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul pada hari ini
dengan keadaan sehat wal-afiat tanpa ada halangan suatu apapun.
Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak kepala sekolah,
Ibu dan Bapak guru maupun teman-teman
yang telah memenuhi undangan kami untuk berkumpul pada acara ini.Saya juga
mengucapkan tarima kasih kepada seluruh
pihak yang mendukung acara diskusi dengan tema “Adiwiyata di SMA 3
BOYOLALI”.
Pertemuan hari ini bertujuan agar kita Menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran
dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut
dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup
dan pembangunan berkelanjutan.
Sekolah
adiwiyata adalah rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga
sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Sekolah adiwiyata juga
seharusnya mempunyai lingkungan hidup dan melakukan pengelolaan
lingkungan hidup di sekolah itu sendiri.
Kegiatan utama
diarahkan pada terwujudnya kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya
lingkungan. Disamping pengembangan
lingkungan,kelestarian fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam juga
harus diperhatikan keseimbangannya.
Faktor
– faktor yang dapat menunjang keberhasilan adiwiyata diantaranya:
·
Pengembangan Kebijakan Sekolah yang diperlukan untuk mewujudkan Sekolah
Peduli dan Berbudaya Lingkungan.
Hal ini berkaitan dengan peningkatan
pendidikan Sumber Daya Manusia, penghematan Sumber Daya Alam,pola hidup bersih dan sehat di
lingkungan sekolah.
·
Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan.
Hal ini
biasanya dengan pengembangan metode belajar berbasis lingkungan dan
budaya,pengembangan kegiatan kurikuler untuk peningkatan pengetahuan dan
kesadaran siswa tentang lingkungan hidup.
·
Pengembangan Kegiatan Berbasis Parsitipatif.
Hal ini dengan
cara menciptakan kegiatan ekstrakurikuler di bidang lingkungan hidup berbasis
partisipatif di sekolah, mengikuti kegiatan aksi lingkungan hidup yang
dilakukan oleh pihak luar,
·
Pengelolaan dan atau pengembangan Sarana Pendukung Sekolah.
Hal
ini berkaitan dengan pengembangan fungsi
sarana pendukung sekolah yang ada untuk pendidikan lingkungan hidup,
Peningkatan kualitas pengelolaan lingkungan di dalam dan di luar kawasan
sekolah,Penghematan sumber daya alam
(listrik,dan
air),Peningkatan kualitas pelayanan makanan sehat yang ada di
kantin,pengembangan sistem pengelolaan sampah yang ada di
sekolah,misalnya:memanfaatkan dedaunan yang menjadi sampah organik menjadikan
daun tadi dibuat menjadi pupuk kompos kemudian dikemas dan dijual,dan dapat
menghasilkan pendapatan sekolah.
Semua warga sekolah dilibatkan untuk menerapkan
kebersihan tanpa terkecuali. Untuk siswanya sendiri dapat ikut berpartisispasi dalam hal ini dengan
melakukan hal-hal kecil tapi mempunyai manfaat besar seperti menjaga kebersihan
sekolah dan menjaga lingkungan hidup sekolah yang ada sekaligus turut
bertnggung jawab dalam upaya-upaya menyelamatkan alam terutama SMA 3 Boyolali
dan juga tepat dalam mebedakan sampah organik maupun an organik.
Selain itu,Pendidikan Lingkungan Hidup juga perlu
diupayakan guru untuk mengajarkan kepada muridnya akan pentingna alam sekitar
kita. Pendidikan
Lingkungan Hidup (PLH) merupakan upaya untuk mengubah perilaku dan sikap yang
dilakukan oleh berbagai pihak atau elemen masyarakat yang bertujuan
meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran masyarakat tentang
nilai-nilai lingkungan dan isu permasalahan lingkungan.
Pendidikan Lingkungan Hidup memiliki 5
tujuan:
·
Kesadaran
ini untuk membantu peserta didik memperoleh sebuah kesadaran dan
kepekaan terhadap lingkungan.
·
Pengetahuan
dimaksudkan membantu peserta didik untuk memperoleh sebuah pengertian
mendasar tentang bagaimana fungsi lingkungan , bagaimana orang berinteraksi
dengan lingkungan.
·
Sikap. ini untuk
membantu peserta didik memperoleh seperangkat nilai dan perasaan-perasaan
kepedulaian, motivasi dan komitmen terhadap lingkungan.
·
Keterampilan membantu peserta didik memperoleh
keterampilan yang diperlukan untuk mengidentifikasi dan menyelidiki
permasalahan lingkungan.
·
Partisipasi dimaksudkan untuk membantu
peserta didik memperoleh pengalaman dalam menggunakan pengetahuan yang mereka
peroleh dan keterampilan.
Saya
berharap kegiatan diskusi ini dapat dilaksanakan sebaik-baiknya bagi semua
warga sekolah tanpa terkecuali.Melalui diskusi ini tadi,marilah kita ciptakan
lingkungan SMA 3 Boyolali menjadi sekolah yang bersih dan sehat.Dimohon
partisipasinya bagi semua warga sekolah.
Demikian
yang dapat saya sampaikan.Terima kasih atas perhatian hadirin sekalian.Saya
mohon maaf jika ada perkataan yang kurang berkenan di hati hadirin semuanya.
Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar